Minggu, 07 Oktober 2012

PERBEDAAN HEDONISME DAN EGOISME


Menurut buku “Filsafat Moral”, Hedonisme merupakan salah satu teori etika yang paling tua, paling sederhana, paling kebenda-bendaan, dan dari abad ke abad selalu kita temukan. Untuk aliran ini, kesenangan (kenikmatan) adalah tujuan akhir hidup dan yang baik yang tertinggi. Kaum hedonis modern memilih kata kebahagiaan untuk kesenangan.

Dalam kamus Collins Gem (1993)  hedonisme adalah doktrin yang menyatakan bahwa kesenangan adalah hal yang paling penting dalam hidup. 

 Menurut (Echols,2003), Hedonisme adalah paham yang dianut oleh orang-orang yang mencari kesenangan hidup semata-mata.

Egoisme adalah cara untuk mempertahankan dan meningkatkan pandangan yang menguntungkan bagi dirinya sendiri, dan umumnya memiliki pendapat untuk meningkatkan citra pribadi seseorang dan pentingnya - intelektual, fisik, sosial dan lainnya.

Perbedaan antara Hedonisme dengan egoisme yaitu jika hedonism orang yang mencari kesenangan sedangkan egoisme berarti menempatkan diri pada inti dunia seseorang tanpa kepedulian terhadap orang lain.

           Menurut pendapat saya perbedaan antara Hedonisme dan Egoisme adalah Hedonisme merupakan suatu paham yang menyatakan bahwa kesenangan adalah hal yang paling penting dalam hidup, yang di anut oleh orang-orang yang hanya mencari kesenangan semata dalam hidupnya, sedangkan egoisme adalah mementingkan diri sendiri untuk meningkatkan citra dirinya tanpa peduli dengan orang lain yang ada di sekitarnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar